Apa itu Digital Marketing?
"Digital Marketing adalah istilah pemasaran digital yang mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen. "
-Investopedia-
Pemasaran digital menjadi populer dengan diawali munculnya internet pada 1990-an. Pemasaran ini melibatkan penerapan hal-hal yang berkaitan dengan digitalisasi seperti website, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya.
Walaupun demikian pemasaran digital juga masih melibatkan sebagian prinsip yang sama dengan pemasaran tradisional serta acap kali dianggap sebagai metode baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen hingga memahami perilaku mereka. Demi mendapatkan hasil yang optimal lazimnya perusahaan menggabungkan teknik pemasaran tradisional dan digital dalam strategi mereka.
Memahami Pemasaran Digital
Pemasaran merujuk pada aktivitas apa pun yang diterapkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk, layanan dan meningkatkan pangsa pasarnya. Agar berhasil, pemasaran membutuhkan kombinasi kecerdasan periklanan, penjualan, dan kemampuan mengirimkan barang ke pengguna akhir. Ini lazimnya dijalankan oleh profesional atau pemasar tertentu yang dapat bekerja secara internal (untuk perusahaan) atau secara eksternal dengan perusahaan pemasaran lain.
Secara tradisional, perusahaan berkonsentrasi pada pemasaran lewat media cetak, TV, dan radio. Meski pilihan ini masih ada hingga kini, kebangkitan era digital menyebabkan pergeseran metode perusahaan dalam menjangkau konsumen. Di situlah pemasaran digital berperan. Wujud pemasaran ini melibatkan pengaplikasian website, media sosial, mesin telusur, aplikasi apa pun yang menggabungkan pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dan pelanggan.
Perkembangan teknologi yang pesat dan tren saat ini memaksa perusahaan untuk mengubah metode mereka dalam memasarkan diri. Contohnya Email merupakan alat pemasaran yang populer di masa-masa awal pemasaran digital. Namun lambat laut bergeser ke mesin pencari seperti Google, yang memungkinkan bisnis memberi tag dan kata kunci untuk membuat diri mereka diperhatikan. Perkembangan situs website berbagi seperti Facebook memungkinkan perusahaan melacak data untuk memenuhi tren konsumen.
Ponsel Pintar dan perangkat digital lainnya sekarang semakin mempermudah perusahaan untuk memasarkan diri beserta produk dan layanannya kepada konsumen. Studi membuktikan bahwa orang lebih menyukai menggunakan ponsel pintar mereka untuk berselancar di internet. Oleh karena itu tak heran jika 70% individu mengambil keputusan pembelian (lazimnya melalui ponsel pintar mereka) sebelum mereka memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian.
Pengiklan lazimnya disebut sebagai sumber, sedangkan member iklan yang ditargetkan lazim disebut penerima. Sumber kerap kali menargetkan penerima yang amat spesifik dan terdefinisi dengan baik.
Semisal, sesudah memperpanjang jam larut malam, McDonald\'s menargetkan pekerja shift dan wisatawan dengan iklan digital sebab perusahaan mengetahui bahwa orang-orang ini merupakan segmen besar dari bisnis larut malamnya. Perusahaan akan mendorong mereka untuk mengunduh aplikasi Pencari Restoran, serta menargetkan mereka dengan iklan yang ditempatkan di anjungan tunai mandiri (ATM), pompa bensin, dan website yang sering kali dikunjungi pelanggannya.
Jenis Saluran Pemasaran Digital
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemasaran secara tradisional dijalankan lewat media cetak (koran dan majalah) dan iklan siaran (Televisi dan radio). Ini merupakan saluran yang masih ada hingga kini. Saluran pemasaran digital berkembang dan semakin berkembang. Berikut ini ajakin.my.id merangkum delapan jalan paling yang lazim digunakan perusahaan untuk meningkatkan upaya pemasaran mereka. Perlu diingat bahwa perusahaan mungkin menggunakan beberapa banyak saluran dalam upaya mereka.
- Pemasaran Situs Web
- Periklanan Bayar Per Klik (PPC)
- Pemasaran Konten
- Email Pemasaran
- Pemasaran media sosial
- Pemasaran Afiliasi
- Pemasaran Video
- Pesan SMS
Situs web adalah pusat dari semua kegiatan pemasaran digital. Ini adalah saluran yang sangat kuat, tetapi juga merupakan media yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai kampanye pemasaran online. Sebuah situs web harus mewakili merek, produk, dan layanan dengan cara yang jelas dan mudah diingat. Ini harus cepat, ramah seluler, dan mudah digunakan.
Iklan bayar per klik (PPC) memungkinkan pemasar menjangkau pengguna Internet di sejumlah platform digital melalui iklan berbayar. Pemasar dapat mengatur kampanye PPC di Google, Bing, LinkedIn, Twitter, Pinterest, atau Facebook dan menampilkan iklan mereka kepada orang-orang yang mencari istilah yang terkait dengan produk atau layanan.
Kampanye PPC dapat mengelompokkan pengguna berdasarkan karakteristik demografis mereka (seperti berdasarkan usia atau jenis kelamin), atau bahkan menargetkan minat atau lokasi khusus mereka. Platform PPC yang paling populer adalah Google Ads dan Facebook Ads.
Tujuan pemasaran konten adalah untuk menjangkau pelanggan potensial melalui penggunaan konten. Konten biasanya dipublikasikan di situs web dan kemudian dipromosikan melalui media sosial, pemasaran email, optimisasi mesin pencari, atau bahkan kampanye PPC. Alat pemasaran konten termasuk blog, ebook, kursus online, infografis, podcast, dan webinar.
Pemasaran email masih menjadi salah satu saluran pemasaran digital yang paling efektif. Banyak orang mengacaukan pemasaran email dengan pesan email spam, tetapi bukan itu yang dimaksud dengan pemasaran email. Jenis pemasaran ini memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan pelanggan potensial dan siapa saja yang tertarik dengan merek mereka.
Banyak pemasar digital menggunakan semua saluran pemasaran digital lainnya untuk menambahkan prospek ke daftar email mereka dan kemudian, melalui pemasaran email, mereka membuat saluran akuisisi pelanggan untuk mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan.
Tujuan utama dari kampanye pemasaran media sosial adalah kesadaran merek dan membangun kepercayaan sosial. Saat Anda masuk lebih dalam ke pemasaran media sosial, Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan prospek atau bahkan sebagai saluran penjualan langsung. Posting dan tweet yang dipromosikan adalah dua contoh pemasaran media sosial.
Afiliasi pemasaran adalah salah satu bentuk pemasaran tertua, dan internet telah membawa kehidupan baru ke siaga lama ini. Dengan pemasaran afiliasi, influencer mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi setiap kali terjadi penjualan atau prospek diperkenalkan. Banyak perusahaan terkenal seperti Amazon memiliki program afiliasi yang membayar jutaan dolar per bulan ke situs web yang menjual produk mereka.
YouTube adalah salah satu mesin pencari paling populer di dunia. Banyak pengguna beralih ke YouTube sebelum membuat keputusan membeli, untuk mempelajari sesuatu, membaca ulasan, atau hanya untuk bersantai.
Ada beberapa platform pemasaran video, termasuk Video Facebook, Instagram, dan bahkan TikTok yang digunakan untuk menjalankan kampanye pemasaran video. Perusahaan menemukan yang paling sukses dengan video dengan mengintegrasikannya dengan SEO, pemasaran konten, dan kampanye pemasaran media sosial yang lebih luas.
Perusahaan dan organisasi nirlaba juga menggunakan SMS atau pesan teks untuk mengirim informasi tentang promosi terbaru mereka atau memberikan peluang kepada pelanggan yang berminat. Kandidat politik yang mencalonkan diri juga menggunakan kampanye pesan SMS untuk menyebarkan informasi positif tentang platform mereka sendiri. Seiring kemajuan teknologi, banyak kampanye text-to-give juga memungkinkan pelanggan untuk langsung membayar atau memberi melalui pesan teks sederhana.
"Pemasaran internet berbeda dari pemasaran digital. Pemasaran internet adalah iklan yang hanya ada di internet, sedangkan pemasaran digital dapat dilakukan melalui perangkat seluler, di platform kereta bawah tanah, dalam video game, atau melalui aplikasi smartphone."
Tantangan Pemasaran Digital
Pemasaran digital menimbulkan tantangan khusus bagi pemasoknya. Saluran digital berkembang biak dengan cepat, dan pemasar digital harus mengikuti cara kerja saluran ini, cara digunakan oleh penerima, dan cara menggunakan saluran ini untuk memasarkan produk atau layanan mereka secara efektif.
Menjadi lebih sulit untuk menarik perhatian penerima karena penerima semakin dibanjiri dengan iklan pesaing. Pemasar digital juga merasa sulit untuk menganalisis kumpulan besar data yang mereka tangkap dan kemudian mengeksploitasi informasi ini dalam upaya pemasaran baru.
Tantangan menangkap dan menggunakan data secara efektif menyoroti bahwa pemasaran digital memerlukan pendekatan pemasaran berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen. Misalnya, mungkin mengharuskan perusahaan untuk menganalisis bentuk perilaku konsumen baru, seperti menggunakan peta panas situs web untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan pelanggan.
Apa itu Agen Pemasaran Digital?
Agen pemasaran digital adalah perusahaan yang secara eksklusif menangani pemasaran kepada konsumen melalui saluran digital. Ini termasuk membuat dan meluncurkan kampanye untuk klien korporat melalui media sosial, iklan bayar per klik, video, dan situs web, antara lain.
Apa itu SEO dalam Pemasaran Digital?
Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah cara perusahaan dapat meningkatkan lalu lintas mereka melalui mesin pencari dengan tujuan mendorong situs web dan nama mereka di bagian atas halaman hasil pencarian apa pun. Ini bisa melalui hasil pencarian yang dilakukan secara organik atau editorial. Ketika perusahaan berhasil menerapkan SEO dalam strategi pemasaran digital mereka, nama dan situs web mereka menjadi semakin terlihat oleh lebih banyak konsumen.
Apa itu Pemasaran Internet?
Pemasaran Internet adalah pemasaran apa pun yang terjadi hanya di internet. Ini berarti secara eksklusif muncul di situs web. Ini berbeda dari pemasaran digital, yang mencakup pemasaran internet serta pemasaran di situs media sosial, dan aplikasi seluler. Kampanye pemasaran ini dapat dilakukan melalui smartphone, perangkat digital, dan platform lainnya.
Bagaimana Saya Bisa Menjadi Pemasar Digital?
Pemasar digital membutuhkan keterampilan menulis yang kuat bersama dengan analisis data dan keterampilan media sosial. Gelar sarjana diperlukan untuk sebagian besar posisi pemasaran digital, di bidang bisnis seperti pemasaran, atau bidang terkait seperti komunikasi. Anda mungkin juga ingin mengikuti kursus atau bootcamp khusus dalam pemasaran digital. Selain itu, menyelesaikan magang saat di sekolah dapat bermanfaat.2 Gelar master dalam pemasaran digital mungkin berguna tetapi tidak perlu untuk masuk ke bidang pemasaran digital.
Apa itu SEO dalam Pemasaran Digital?
Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah cara perusahaan dapat meningkatkan lalu lintas mereka melalui mesin pencari dengan tujuan mendorong situs web dan nama mereka di bagian atas halaman hasil pencarian apa pun. Ini bisa melalui hasil pencarian yang dilakukan secara organik atau editorial. Ketika perusahaan berhasil menerapkan SEO dalam strategi pemasaran digital mereka, nama dan situs web mereka menjadi semakin terlihat oleh lebih banyak konsumen.
Apa itu Pemasaran Internet?
Pemasaran Internet adalah pemasaran apa pun yang terjadi hanya di internet. Ini berarti secara eksklusif muncul di situs web. Ini berbeda dari pemasaran digital, yang mencakup pemasaran internet serta pemasaran di situs media sosial, dan aplikasi seluler. Kampanye pemasaran ini dapat dilakukan melalui smartphone, perangkat digital, dan platform lainnya.
Bagaimana Saya Bisa Menjadi Pemasar Digital?
Pemasar digital membutuhkan keterampilan menulis yang kuat bersama dengan analisis data dan keterampilan media sosial. Gelar sarjana diperlukan untuk sebagian besar posisi pemasaran digital, di bidang bisnis seperti pemasaran, atau bidang terkait seperti komunikasi. Anda mungkin juga ingin mengikuti kursus atau bootcamp khusus dalam pemasaran digital. Selain itu, menyelesaikan magang saat di sekolah dapat bermanfaat.2 Gelar master dalam pemasaran digital mungkin berguna tetapi tidak perlu untuk masuk ke bidang pemasaran digital.
Keterampilan Apa yang Dibutuhkan dalam Pemasaran Digital?
Anda harus terampil dalam menulis konten bersama dengan keterampilan komunikasi untuk secara efektif menceritakan kisah produk Anda ke basis konsumen Anda. Keterampilan analisis data penting untuk memahami seberapa baik kinerja kampanye pemasaran Anda dan di mana mereka dapat ditingkatkan. Akhirnya, media sosial dan keterampilan online lainnya adalah suatu keharusan.
No comments:
Post a Comment